Profil Matt Doherty, Bintang Tottenham yang Masih Berdarah Indonesia

Profil Matt Doherty, Bintang Tottenham yang Masih Berdarah Indonesia
Profil Matt Doherty, Bintang Tottenham yang Masih Berdarah Indonesia

NEXTSPORT.ID – Kabar mengejutkan Matt Doherty, bintang tim Liga Inggris Tottenham Hotspur yang ternyata masih berdarah Indonesia.

Sebagai bangsa besar, Indonesia mempunyai banyak pemain keturunan yang berkiprah di kancah sepak bola. Para pemain keturunan ini pun notabene memiliki nama besar.

Sebut sata Giovanni van Bronckhorst dan Robin van Persie yang dikenal sebagai bintang tim nasional Belanda. Keduanya memiliki darah keturunan Indonesia pasalnya sejarah kedua negara di masa lampau.

Namun, dua pemain yang pernah bertanding di level teratas dengan tim-tim besar pun kini telah pensiun, sehingga jarang ada pemain berdarah Indonesia yang saat ini bermain di level teratas bersama tim termasyhur.

Namun belakangan muncul kabar mengejutkan bahwa ternyata masih ada pemain keturunan Indonesia yang bermain di tim papan atas dan bermain di level tertinggi.

BACA JUGA:  Mampu Bawa Timnya Juara Liga Qatar !!! Inilah Skill Farri Agri yang Layak di Panggil Timnas

Sosok itu adalah Matt Doherty yang berstatus penggawa Tottenham. Kabar ini diketahui dari unggahan akun Instagram @footballtalentnesia.

Dalam unggahan itu, bek sayapberusia 30 tahun ini diketahui memiliki ikatan dengan Indonesia dari sang ibunda, Joni Doherty, yang merupakan orang Belanda dengan darah Tanah Air.

Dilaporkan bahwa sang ayah adalah pasukan Belanda yang dikirim ke Indonesia dan bertemu Joni Doherty, sehingga keduanya menikah dan melahirkan Matt Doherty.

Meski punya darah Indonesia dan darah Belanda, Matt Doherty justru memilih membela Irlandia di pentas internasional, yang tak lain adalah tanah kelahirannya.

Lantas, siapakah sosok Matt Doherty ini? Berikut profil singkatnya.

Andalan Tottenham Hotspur

Matt Doherty merupakan bek atau Wing Back kanan milik Tottenham Hotspur yang lahir di Swords, Irlandia, pada 16 Januari 1992.

BACA JUGA:  Ronaldo Kwateh Bisa Jadi Bek, Bila Gagal Cetak Gol Lagi ?

Kiprahnya di kancah sepak bola bermula di tanah kelahirannya sendiri dengan membela klub-klub lokal. Karena bakatnya, ia menarik atensi tim papan atas Irlandia, Bohemians yang merekrutnya pada 2009.

Hanya setahun membela Bohemians, bakat Matt Doherty menarik atensi Wolverhampton Wanderers yang kemudian merekrutnya pada 2010.

Usai melakoni debutnya pada 8 Januari 2011 bersama Wolves, Doherty kemudian dipinjamkan oleh timnya ke klub Skotlandia, Hibernian selama enam bulan.

Setelahnya, Doherty juga dipinjamkan ke tim kasta ketiga, yakni Bury, selama satu musim penuh hingga tahun 2013.

Usai peminjaman itu, Doherty kemudian membela Wolves dan bertahan hingga 2020. Total 302 laga dimainkannya bersama klubnya itu selama satu dekade.

BACA JUGA:  Dedik Setiawan Akhiri Mandul Gol Hampir 1 Musim, Akan Dipanggil Lagi Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk Hadapi Curacao?

Pada 2020, Tottenham Hotspur arahan Jose Mourinho mendatangkannya dengan harga 13,4 juta poundsterling (Rp249 miliar).

Sempat kesulitan di awal kepindahannya, Doherty kini berhasil menjadi andalan dan pilihan utama Tottenham Hotspur di bawah arahan Antonio Conte.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Doherty tercatat sebagai pemain Timnas Republik Irlandia meski dirinya punya darah Belanda dan Indonesia.

Doherty telah membela Republik Irlandia sejak level kelompok umur dan berhasil mencatatkan debutnya di timnas senior pada 2018 di usia yang telah 26 tahun.

Tercatat, Doherty telah tampil sebanyak 33 kali bagi Republik Irlandia di kancah internasional dengan sumbangan satu gol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close