Ada Kejutan Piala Dunia 2022, Maroko Pulangkan Spanyol di Babak 16 Besar

Ada Kejutan Piala Dunia 2022, Maroko Pulangkan Spanyol di Babak 16 Besar
Ada Kejutan Piala Dunia 2022, Maroko Pulangkan Spanyol di Babak 16 Besar

NEXTSPORTID – Maroko membuat sebuah kejutan di Piala Dunia 2022 setelah memulangkan Spanyol di babak 16 besar.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Education City Stadium, Selasa (6/12/2022), Maroko mengandaskan Spanyol 3-berkat drama adu penalti usai kedua negra bermain seri tanpa gol di sepanjang 120 menit.

Atas hasil ini, Maroko berhak mendapatkan satu tiket babak perempat final Piala Dunia 2022.
Jalannya Pertandingan

Melawan Spanyol, Maroko mendapat kesempatan lebih awal pada menit ke-6. Akan tetapi kesempatan yang diperoleh Hakim Ziyech kandas usai bola melebar dari tiang gawang.

Spanyol yang mulai menguasai penguasaan bola selepas 10 menit pertandingan bergulir, nampak bermain sabar. Para penggawa La Furia Roja mencoba untuk menarik keluar para pemain Maroko.

Spanyol mendapat peluang pertamanya di menit 27. Menyambut umpan lambung dari Jordi Alba, Marco Asensio melepaskan tembakan dari sudut sempit dan bola hanya mengenai sisi gawang.

Lewat serangan balik cepat, Maroko nyaris memecah kebuntuan di menit 33. Sayang, bola yang dilepaskan Mazraoui berhasil dibendung Unai Simon.

Spanyol berbalik mengancam di menit 40. Lewati pemain lawan di sayap kanan, Ferran Torres melepaskan umpan terukur ke depan gawang namun Dani Olmo yang dituju terlambat menyambut si kulit bundar.

BACA JUGA:  Daftar Tim yang Lolos 8 Besar Liga 2 2021, Ada Tim Sultan

Hingga turun minum, skor kacamata tetap bertahan.
Di babak kedua, Spanyol belum juga bisa berbuat banyak. Serangan demi serangan yang dilancarkan kandas di kaki para pemain Maroko.

Pelatih Spanyol Luis Enrique pun melakukan perubahan untuk meningkatkan daya gedor. Marco Asensio dan Gavi ditarik keluar, sebagai gantinya Alvaro Morata dan Carlos Soler dimasukkan Enrique.

Pergantian yang dilakukan Enrique ternyata belum mampu memberi dampak. Spanyol memang berhasil meningkatkan daya gedor, namun celah pertahanan Maroko tak juga terbuka.

Para pemain Spanyol beberapa kali mencoba masuk ke kotak penalti, namun selalu berhasil dipatahkan barisan pertahanan Maroko yang dipimpin Achraf Hakimi.

Di sisa waktu pertandingan, jual beli serangan semakin intens. Maroko yang sebelumnya lebih banyak bertahan mulai melancarkan serangan, begitu pula dengan Spanyol.

Hingga berakhirnya waktu normal, skor kacamata tetap bertahan dan pertandingan dilanjutkan ke babak tambahan.

Babak Tambahan dan Adu Penalti

Di menit 94, peluang emas didapat Maroko, menyambut umpan terobosan Amrabat, Sabiri menggiring bola hingga berhadapan satu lawan satu dengan Unai Simon.

BACA JUGA:  Bayern Munchen Taklukkan Barcelona Dengan Skor 3-0

Sayang, ketika Sabiri hendak melepaskan tembakan, bola lebih dulu di ‘colek’ Laporte yang datang dari belakang dan dengan mudah diamankan Simon.

Memasuki menit 98, dua pemain Barcelona dimasukkan Enrique, Ansu Fati dan Alejandro Balde untuk menggantikan Dani Olmo dan Jordi Alba.

Tekanan yang dilancarkan Spanyol menghasilkan sejumlah peluang, namun tak satupun yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh para penyerang La Furia Roja.

Begitu pula dengan Maroko yang mendapat peluang emas lewat Cheddira. Sudah di depan gawang, Cheddira gagal memperdayai Simon.

Di menit 120 +3, peluang terakhir didapat Pablo Sarabia yang baru masuk menggantikan Williams. Sayang bola dimentahkan tiang gawang.

Skor 0-0 tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan dan pemenang akan ditentukan lewat adu penalti.

Sabiri yang maju sebagai algojo pertama sukses mencuri gol bagi Maroko, sementara Pablo Sarabia gagal setelah bola dimentahkan tiang gawang.

Maroko memimpin 2-0 setelah Hakim Ziyech menundukkan Simon, dan Pablo Soler gagal memperdayai Yassine Bounou.

Simon berhasil menggagalkan penendang ketiga Maroko, Badr Benoun. Namun Spanyol gagal memangkas skor setelah arah tendangan Sergio Busquets terbaca Bounou.

BACA JUGA:  Jelang Brighton vs Liverpool di Piala FA 2022-2023, Cody Gakpo Pastikan The Reds Akan Menggila

Achraf Hakimi yang bertindak sebagai eksekutor keempat, menjadikan skor 3-0 sekaligus memastikan satu tiket perempat final bagi Maroko di Piala Dunia 2022.’

Susunan Pemain:
Maroko (4-3-3): Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Nayef Aguerd, Romain Saiss, Noussair Mazraoui; Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Selim Amallah; Hakim Ziyech, Youssef En-Nesyri, Sofiane Boufal.

Cadangan: Munir Mohamedi, Ahmed Tagnaouti, Abderrazak Hamdallah, Anass Zaroury, Abdelhamid Sabiri, Ilias Chair, Zakaria Aboukhlal, Abdessamad Ezzalzouli, Jawad El Yamiq, Achraf Dari, Walid Cheddira, Bilal El Khannouss, Badr Benoun, Yahya Attiat-Allah, Yahya Jabrane.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Marcos Llorente, Rodri, Aymeric Laporte, Jordi Alba; Gavi, Sergio Busquets, Pedri; Ferran Torres, Marco Asensio, Dani Olmo.

Cadangan: Robert Sanchez, David Raya, Cesar Azpilicueta, Eric Garcia, Pau Torres, Alvaro Morata, Koke, Nico Williams, Alejandro Balde, Hugo Guillamon, Yeremy Pino, Carlos Soler, Daniel Carvajal, Pablo Sarabia, Ansu Fati.

Pelatih: Luis Enrique.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close