Netizen Bereaksi Usai GBK Digunakan Acara

Netizen Bereaksi Usai GBK Digunakan Acara Relawan Jokowi
Netizen Bereaksi Usai GBK Digunakan Acara Relawan Jokowi

NEXTSPORT.ID – Netizen riuh setelah Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) dipakai acara Nusantara Bersatu yang diselenggarakan relawan Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (26/11).

Frasa ‘Katanya GBK’ menempati peringkat nomor satu trending Twitter saat ini (pukul 11.45 WIB). Ini sebagai sindiran warganet atas penggunaan GBK untuk kegiatan politik atau selain olahraga.

Mayoritas netizen mengkritik pemakain GBK. Tidak soal digunakan relawan Jokowi, namun mengapa untuk acara lainnya, seperti Piala AFF 2022 dan konser musik Blackpink, tidak boleh.

“Katanya GBK gak boleh di pake sampe AFF sama Piala Dunia U-20 gimana nih,” ucap seorang netizen.

BACA JUGA:  Sepak Bola Indonesia Tak Akan Maju Jika Exco Lama Masih Berkuasa?

Sebelumnya, lewat Menpora Zainudin Amali, GBK disebut tak boleh digunakan untuk kegiatan apapun enam bulan sebelum Piala Dunia U-20 2023. Timnas Indonesia sampai dilarang tampil di GBK.

Piala Dunia U-20 2023 akan berlangsung pada Mei-Juni tahun depan. Dengan kata lain pada November ini seharusnya sudah tidak bisa digunakan jika memakai ketetapan dari Kemenpora.

Pada 10 November lalu, setelah pengelola GBK datang ke kantornya, Amali mengatakan GBK tak boleh digunakan untuk kegiatan apapun sebelum Piala Dunia. Jika tetap digunakan ia akan lepas tangan.

“Iya [tergantung FIFA untuk Piala AFF dan lainnya]. Kalau ditanya ke saya, karena saya menjamin itu, maka tidak. Jika FIFA mengatakan ‘oh, iya silakan’, tetapi saya tidak menjamin lagi,” kata Amali.

Mengenai hal ini pusat pengelolaan Gelora Bung Karno (PPKGBK) beralasan aturan FIFA menyebutkan stadion Piala Dunia U-20 2023 tak boleh digunakan 14 hari sebelum waktu kick off, bukan enam bulan.

Untuk kepastian ini Direktur Utama PPGBK Rakhmadi Afif akan bersurat ke FIFA. Namun hingga kini belum diketahui apa hasil dari korespondensi tersebut telah membuat hasil atau belum.

“Sepulangnya dari sini [Kemenpora] kami akan langsung berkomunikasi, baik via telepon dan segala macam dan nantinya akan kami siapkan suratnya,” kata Rakhmadi pada 10 November lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close