Timnas Serbia, di Rencanakan Akan Mengikuti Piala AFF

Timnas Serbia, di Rencanakan Akan Mengikuti Piala AFF
Timnas Serbia, di Rencanakan Akan Mengikuti Piala AFF

NEXTSPORT.ID – Ajang Piala AFF berpeluang untuk memperoleh peserta barunya, yaitu timnas Serbia, usai negara itu mempunyai niatan untuk menjadi salah satu anggota Asosiasi Negara Asia Tenggara (ASEAN).

sementara itu, keinginan Serbia untuk dapat bergabung ke ASEAN itu sudah disampaikan oleh Perdana Menteri, Ana Brnabic, saat berjumpa dengan Presiden Singapura, Halimah Yacob dan Menteri Pertahanan Nasional, Teo Chee Hean.

Pada pertemuan itu, Ana Brnabic memperoleh dukungan penuh dari Singapura supaya Serbia bergabung dengan ASEAN.

Singapura siap mendukung Serbia untuk meneken perjanjian kerja sama dan persahabatan dengan negara di Asia Tenggara.

“Dan Perdana Menteri (Brnabic) mengatakan Serbia mendapat dukungan untuk bergabung dengan ASEAN, sebagai negara yang tidak menjadi bagian dari Kawasan Asia Tenggara,” bunyi pernyataan resmi pemerintah Serbia.

Jika nantinya rencana Serbia untuk bergabung ASEAN benar-benar terwujud, maka kejuaraan Piala AFF bakal mendapatkan anggota atau peserta baru, yakni timnas Serbia.

BACA JUGA:  Berani Keluar dari Zona Nyaman! Bintang PON Papua Ini Bergabung Liga Thailand

Tentu saja, kehadiran timnas Serbia di ajang Piala AFF akan memberikan warna baru bagi ajang dua tahunan ini. Tak hanya itu, mereka juga berpotensi mengikuti ajang-ajang lain seperti SEA Games.

Profil Timnas Serbia

Sebagai informasi, Serbia adalah salah satu negara pecahan dari Socialist Federal Republic (SFR) Yugoslavia. Terpecahnya negara ini kemudian turut menghasilkan beberapa negara yang juga diikuti dengan pecahnya tim nasional.

Awalnya, timnas Serbia belum bisa bermain di Euro 1992 karena saat itu terkena sanksi internasional. Mereka juga harus melewatkan ajang Piala Dunia 1994 dan Euro 1996.

Setelah sanksi tersebut dicabut, Serbia akhirnya bisa berpartisipasi pada Piala Dunia 1998 dan langsung menembus babak 16 besar. Pada Euro 2000, mereka bahkan melaju hingga babak perempat final.

BACA JUGA:  Nestapa Persipura, Banding Ditolak & Posisi Masih di Zona Degradasi

Serbia memang terhitung sebagai salah satu negara yang kuat di kawasan Eropa. Hal itu terbukti dengan keberhasilannya menembus beberapa ajang Piala Dunia, yakni pada 2006, 2010, 2018, dan terakhir 2022.

Namun, pada tiga edisi yang disebut di awal, Serbia selalu gagal melaju dari fase penyisihan grup. Rekor buruk itu berpeluang besar dihentikan pada Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Sementara itu, setelah mereka berpisah dengan Montenegro, Serbia juga tercatat belum berhasil untuk lolos dan berpartisipasi di ajang Euro, mulai dari edisi 2008, 2012, 2016, hingga 2020.

Sampai saat ini, nama pemain yang memegang rekor penampilan terbanyak Serbia di ajang internasional ialah Branislav Ivanovic dengan catatan 105 pertandingan. Selanjutnya, ada Dejan Stankovic (103 caps) dan Savo Milosevic (102 caps).

BACA JUGA:  Piala Pertiwi 2022 Resmi Berjalan, Awal Kebangkitan Sepakbola Wanita ?

Adapun tiga pencetak gol terbanyak timnas Serbia ialah Aleksandar Mitrovic (50 gol dari 76 laga), Stjepan Bobek (38 gol dari 63 laga), dan ada tiga pemain dengan torehan 37 gol, yakni Milan Galic, Blagoje Marjanovic, dan Savo Milosevic.

Pada Piala Dunia 2022 ini, Serbia juga menjadi salah satu negara Eropa yang berpartisipasi. Sayangnya, mereka tergabung di grup neraka karena bersaing dengan Brasil, Kamerun, dan Swiss, di Grup G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close