Mario Rivera, Juru Taktik di Balik Layar Kemenangan Besar Timnas Brunei Darussalam atas Timor Leste

Mario Rivera, Juru Taktik di Balik Layar Kemenangan Besar Timnas Brunei Darussalam atas Timor Leste
Mario Rivera, Juru Taktik di Balik Layar Kemenangan Besar Timnas Brunei Darussalam atas Timor Leste

NEXTSPORT.ID – Mario Rivera merupakan salah satu sosok penting di balik layar laju mentereng Timnas Brunei Darussalam di laga playoff Piala AFF 2022. Ia sukses membawa Brunei menang besar atas Timor Leste.

Di pertandingan kualifikasi Piala AFF 2022, Sabtu (5/11/2022), Brunei Darussalam sukses menumbangkan Timor Leste dengan skor telak.

Brunei Darussalam bermain luar biasa di Stadion Padang Dan Balapan dengan meraih kemenangan 6-2. Kedua kesebelasan bakal kembali bertemu di leg kedua pada Selasa (8/11).

Berkat kemenangan besar di laga pertama, skuad arahan Mario Rivera sudah melangkahkan satu kakinya ke putaran final yang akan berlangsung Desember 2022.

BACA JUGA:  Catat, Jadwal Semi Final Sea Games 2021, Timnas Indonesia U-23 vs Thailand U-23

Kalau Brunei lolos ke Piala AFF 2022, Mario Rivera bakal membuat sejarah pasalnya untuk pertama kalinya sejak 1996 Brunei bermain di Piala AFF.

Lalu, siapa sebetulnya Mario Rivera ini? Inilah ulasan profilnya!

Profil Mario Rivera

Sosok dengan nama lengkap Mario Rivera Campesino ini adalah pelatih kelahiran Madrid, Spanyol, pada 13 Agustus 1977.

Sebagai pelatih, Rivera terbilang punya cukup banyak pengalaman bekerja dengan tim-tim asal Eropa hingga akhirnya berpetualang ke Asia.

BACA JUGA:  Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat belum kelar

Menurut catatan Transfermarkt, Rivera memulai karier sebagai pelatih dengan menangani tim Leganes U-19 di Spanyol pada 2007 hingga 2009.

Dua tahun di sana, Rivera bekerja sebagai video analyst untuk Atletico Madrid C selama satu tahun. Dia lalu menjadi pelatih Unio Collado selama 4 bulan.

Setelah itu, Rivera melatih tim-tim papan bawah di Spanyol seperti Collado Villalba dan Los Yebenes, sebelum menjadi video analyst lagi di klub SD Leioa.

Pada Januari 2018, Rivera lantas ditunjuk menjadi pelatih Brunei U-21, tapi cuma menjabat selama 6 bulan sebelum pindah ke klub India, East Bengal FC sebagai asisten pelatih.

BACA JUGA:  Seenak Jidat! Komentator Indonesia Ini Nilai Shin Tae-yong Usul Timnas U-23 Mundur Karena Takut

Setelah dua tahun menjadi asisten pelatih, Mario Rivera ditunjuk sebagai pelatih East Bengal pada Januari 2020. Sempat pergi pada Mei 2020, dia kembali pada Januari 2022 hingga Juli 2022.

Usai tak menjabat pelatih East Bengal, Mario Rivera ditunjuk sebagai pelatih Timnas Brunei Darussalam pada September 2022. Di tangannya, Brunei menang dua kali dan kalah sekali dari tiga pertandingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close