Ilham Jaya Kesuma, Mantan Striker Timnas Indonesia Yang Pernah Jadi Top Skor Piala AFF 2004

Ilham Jaya Kesuma, Mantan Striker Timnas Indonesia Yang Pernah Jadi Top Skor Piala AFF 2004
Ilham Jaya Kesuma, Mantan Striker Timnas Indonesia Yang Pernah Jadi Top Skor Piala AFF 2004

NEXTSPORT.ID – Mantan striker andalan timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma, merupakan salah satu mantan pemain sepak bola yang memperoleh keistimewaan untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) pascapensiun.

Perlu diketahui, Ilham Jaya Kesuma sekarang ini adalah seorang anggota PNS di Dinas Cipta Karya Pemerintah Kabupaten Tangerang. Akan tetapi, Ilham juga masih menjalani dunia sepak bola di sela-sela aktivitasnya bekerja sebagai PNS.

Pasalnya, Ilham Jaya Kesuma sekarang ini adalah salah satu staf pelatih yang membantu Angel Alfredo Vera di staf kepelatihan Persita Tangerang untuk Liga 1 2022-2023.

Hal ini diketahui usai Persita Tangerang melakukan agenda melauncing tim pada Juli 2022 lalu. Ketika itu, Juru taktik Persita, Angel Alfredo Vera, mengatakan bahwa Ilham bakal masuk dalam staf kepelatihan Pendekar Cisadane.

BACA JUGA:  Ketum PSSI Umumkan Piala Indonesia 2022 Batal Digelar

“Dia (Ilham Jaya Kesuma) pilihan manajemen, tapi kami sangat senang dia bisa membantu kami,” kata Angel Alfredo Vera kepada awak media.

“Dia baru akan memulai bersama kami (sebagai pelatih) tapi punya karakter. Tim pelatih sudah oke, sudah bagus, tim pelatih dan pemain sudah kompak,” ia melanjutkan.

Profil Ilham Jaya Kesuma

Sebagai informasi, Ilham Jaya Kesuma merupakan mantan pesepak bola yang tercatat lahir di Palembang, pada 19 September 1978. Posisi bermainnya ialah sebagai penyerang.

Ilham Jaya Kesuma mengawali perjalanannya berlatih sepak bola bersama klub lokal di daerahnya, yakni PS Palembang. Di sana, dia telah bergabung sejak usia 17 tahun atau tepatnya pada 1996.

Karier sepak bolanya mulai menanjak ketika bergabung dengan Persita Tangerang pada 1996. Sebab, dia terus melesat dan mampu membuktikan namanya sebagai salah satu mesin gol terbaik di tanah air.

BACA JUGA:  Pemain Penting Timnas Indonesia, 2 Alasan Ricky Kambuaya Lebih Baik Bermain di Luar Negeri!

Bahkan, bersama skuad Pendekar Cisadane itu, Ilham mampu meraih dua kali gelar pencetak gol terbanyak di Liga Indonesia, yakni pada musim 2002 dan 2004.

Ilham Jaya Kesuma juga tercatat pernah meninggalkan Persita untuk berkarier di luar negeri. Ketika itu, dia merapat ke Malaysia untuk bermain bersama MPPJ Selangor (2006-2007).

Setelah itu, dia sempat bermain untuk Persita (2007-2008 dan 2009-2010), Persisam Putra Samarinda (2008-2009), Mitra Kukar (2010-2011), dan Sriwijaya FC (2011-2012).

Adapun klub terakhirnya sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2014 ialah Persita Tangerang, kesebelasan yang telah membesarkan namanya di pentas sepak bola Indonesia.

BACA JUGA:  Laga Lawan Timor Leste Belum Dimulai, Shin Tae-yong Sudah Dibuat Kecewa Karena Hal Ini

Prestasi mentereng Ilham pun turut membawanya menjadi salah satu pemain andalan timnas Indonesia, terutama mulai Piala Tiger 2004. Saat itu, dia sukses membawa skuad Garuda lolos hingga partai final.

Sayangnya, saat itu timnas Indonesia gagal meraih gelar juara karena dikandaskan timnas Singapura yang diperkuat oleh Agu Casmir dan kawan-kawan.

Pada akhir turnamen, Ilham mendapatkan penghargaan sebagai pencetak gol terbanyak Piala Tiger 2004 karena sukses menjaringkan total tujuh gol untuk timnas Indonesia.

Selama memperkuat timnas Indonesia, Ilham telah memainkan total 18 pertandingan di berbagai ajang dan menyumbangkan 13 gol untuk skuad Merah Putih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close