3 Pemain Berdarah Indonesia yang Perkuat Timnas Belanda di Piala Dunia, Hampir Juara pada 2010

3 Pemain Berdarah Indonesia yang Perkuat Timnas Belanda di Piala Dunia, Hampir Juara pada 2010
3 Pemain Berdarah Indonesia yang Perkuat Timnas Belanda di Piala Dunia, Hampir Juara pada 2010

NEXTSPORT.ID – Inilah tiga pemain berdarah Indonesia yang memperkuat Timnas Belanda di ajang akbar bertajuk Piala Dunia.

Bukanlah rahasia lagi kalau banyak pemain berdarah Indonesia yang bermain di level teratas, terutama di negara Belanda.

Apalagi, sejumlah pemain yang mempunyai pertalian darah dengan Indonesia ini sukses menembus Timnas Belanda dan menjadi skuad inti bagi De Oranje.

Karena menjadi andalan Timnas Belanda, sejumlah pemain Indonesia ini pun berkesempatan bermain di kompetisi bergengsi.

Salah satu kompetisi yang bergengsi itu yaitu Piala Dunia. Terhitung, banyak pemain berdarah Indonesia yang bermain membela Timnas Belanda di ajang empat tahunan ini.

Dari banyaknya pemain itu, ada sejumlah pemain berdarah yang tampil untuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2010.

Pada Piala Dunia 2010 itu, beberapa pemain keturunan Indonesia yang membela Timnas Belanda ini hampir membawa De Oranje menjadi juara ajang tersebut.

BACA JUGA:  Egy Maulana Selamatkan Muka FC Vion Zlate Moravce dari Kekalahan di Kandang Sendiri

Sebab, Timnas Belanda berhasil menembus babak final Piala Dunia 2010 sebelum akhirnya dikalahkan oleh Spanyol dengan skor 0-1.

Lantas, siapa saja pemain keturunan Indonesia yang hampir membawa Timnas Belanda menjadi juara Piala Dunia 2010? Berikut daftarnya.

  1. Giovanni van Bronckhorst

Giovanni van Bronckhorst merupakan pemain keturunan yang memiliki darah Indonesia dari sang nenek dan ibu yang berasal dari Maluku.

Meski berdarah Indonesia, pria yang kini menjadi pelatih Rangers FC ini lahir dan tumbuh di Belanda. Sehingga ia berkarier dan membela De Oranje.

Van Bronckhorst sendiri membela Timnas Belanda di tiga gelaran Piala Dunia, yakni 1998, 2006, dan 2010. Di edisi 2010, ia bahkan menjadi kapten bagi De Oranje.

BACA JUGA:  Toleransi Umat Beragama Rahasia Kesuksesan Garuda Muda Meraih Trofi Juara Piala AFF U-16 2022!

Sayangnya, ia gagal membawa Timnas Belanda keluar sebagai juara dan meraih gelar Piala Dunia pertama bagi tanah kelahirannya itu.

  1. Nigel de Jong

Di final Piala Dunia 2010 antara Belanda vs Spanyol, ada pemain keturunan Indonesia yang menjadi pusat perhatian, yakni Nigel de Jong.

De Jong menjadi pusat perhatian karena dirinya melakukan sepakan kung fu ke dada Xabi Alonso, yang berujung kartu kuning bagi dirinya.

Meski punya noda hitam di final, sumbangsih De Jong sendiri tak bisa diindahkan begitu saja, terutama dalam perjalanan Timnas Belanda ke final Piala Dunia 2010.

De Jong sendiri merupakan gelandang bertahan Timnas Belanda. Ia memiliki darah Indonesia dari orang tuanya, yakni sang ibu yang berasal dari Maluku.

BACA JUGA:  Media Vietnam Emosi Dengar Qatar Menjadi Tuan Rumah Piala Asia U-23 2024 Dan Seret Nama Indonesia
  1. John Heitinga

John Heitinga merupakan bek andalan Timnas Belanda di Piala Dunia 2010. Siapa sangka dirinya merupakan pemain keturunan Indonesia yang berasal dari sang kakek dan sang ayah.

Heitinga sendiri menjadi palang pintu pertahanan Belanda di Piala Dunia 2010, dan bahkan dirinya tampil sebagai starter di partai final.

Hanya saja permainan lugas Heitinga sempat membuahkan petaka bagi Belanda, yang harus bermain dengan 10 pemain di babak Extra time.

Hal ini menyusul kartu kuning yang didapatkan eks bek Everton itu di menit ke-109, yang membuat Belanda pun harus kebobolan di menit akhir lewat Andres Iniesta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close