4 Negara yang Pernah Dilarang Bermain di Piala Dunia Karena Isu Politik, Ada Musuh Indonesia

4 Negara yang Pernah Dilarang Bermain di Piala Dunia Karena Isu Politik, Ada Musuh Indonesia
4 Negara yang Pernah Dilarang Bermain di Piala Dunia Karena Isu Politik, Ada Musuh Indonesia

NEXTSPORT.ID – Inilah sejumlah negara yang pernah dilarang Federasi sepak bola, FIFA, bermain di Piala Dunia disebabkan isu politik yang berkembang.

Tidak lagi rahasia bahwa ada sejumlah negara yang pernah dilarang bermain di Piala Dunia disebabkan mendapat hukuman dari FIFA akibat isu politik.

Pasalnya, FIFA sendiri telah melarang melibatkan terkait politik di dalam sepak bola. Akan tetapi slogan ini sering kali hanya sebagai isapan jempol belaka.

Pasalnya, sejumlah individu atau sebuah tim nasional pernah mendapat larangan bermain di Piala Dunia disebabkan intrik politik di negara itu.

Yang terbaru yakni Rusia. Negara ini harus berada dalam hukuman FIFA pasalnya pecahnya perang antara negara berjuluk Beruang Merah itu dengan Ukraina di awal tahun ini.

Karena perang itulah, Timnas Rusia yang sebenarnya memiliki peluang bermain di Piala Dunia 2022, harus dicoret pasalnya intrik politik tersebut.

BACA JUGA:  Hasil Pertandingan Liga Italia : Tumbangkan Sampdoria, AS Roma Tembus 4 Besar

Bukan hanya FIFA saja, UEFA sebagai induk sepak bola Eropa juga memberikan hukuman untuk klub-klub Rusia dengan larangan bermain di ajang-ajang yang ada di benua biru.

Rusia ternyata bukanlah satu-satunya korban kebijakan FIFA itu. Ada beberapa negara yang juga pernah merasakan hukuman karena isu politik sehingga dilarang tampil di Piala Dunia.

Negara mana saja yang pernah mendapat hukuman itu? Berikut daftarnya.

  1. Jerman

Pada gelaran Piala Dunia 1950 lalu, Jerman harus mendapat larangan dari FIFA untuk tampil di ajang empat tahunan ini.

Alasannya saat itu karena Jerman menjadi penyebab utama pecahnya Perang Dunia II, yang membuat Piala Dunia 1942 dan 1946 tak bisa digelar.

Barulah pada Piala Dunia 1954 FIFA mengizinkan Jerman berpartisipasi. Saat kembali berpartisipasi, Jerman atau Jerman Barat berhasil keluar sebagai juara.

BACA JUGA:  Sebelum Gabung Timnas Indonesia, Sandy Walsh Berikan Hadiah Manis KV Mechelen Dalam Lanjutan Liga Pro Belgia 2022-2023
  1. Myanmar

Rival Timnas Indonesia di Asia Tenggara, Myanmar, juga mendapat larangan FIFA untuk tampil di Piala Dunia, walau sepanjang sejarahnya The Asian Lions tak pernah berpartisipasi di ajang ini.

Larangan dari FIFA ini datang pada Piala Dunia 2002. Saat itu, Myanmar dilarang tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022 karena menolak bertanding melawan Iran.

Myanmar sendiri menolak bertanding karena perbedaan pandangan politik dengan Iran. Hal ini membuat FIFA geram dan melarang The Asian Lions tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2002 dan 2006.

  1. Jepang

Sama seperti Jerman, Jepang juga harus dilarang tampil di Piala Dunia karena FIFA pada Piala Dunia 1950 silam atau pasca Perang Dunia II.

BACA JUGA:  Shin Tae-yong Mendorong Agar Pemain Timnas U-19 Indonesia Untuk Mengorbankan Diri

Alasannya pun sama. Jepang dilarang tampil oleh FIFA karena di Perang Dunia II, negeri Sakura menguasai wilayah Asia Timur dengan melakukan penyerangan.

Setelah hukuman dicabut, Jepang harus kesulitan menembus Piala Dunia. Barulah pada 1998, tim Samurai Biru berhasil menembus ajang empat tahunan itu.

  1. Afrika Selatan

Tuan rumah Piala Dunia 2010, Afrika Selatan, pernah dilarang tampil di Piala Dunia dalam jangka waktu yang lama, yakni sejak 1970 hingga 1990.

FIFA melarang Afrika Selatan ambil bagian di Piala Dunia karena politik Apartheid yang diterapkan di negara tersebut.

Bahkan karena politik Apartheid ini, FIFA membuat langkah tegas dengan mencoret Afrika Selatan dari keanggotaan pada 1976.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close