Abdurrahman Iwan, Pemuda Asal Banten yang Antar Qatar U-16 Lolos ke Piala Asia U-17 2023

Abdurrahman Iwan Pemuda Asal Banten yang Antar Qatar U-16 Lolos ke Piala Asia U-17 2023.jpg
Abdurrahman Iwan Pemuda Asal Banten yang Antar Qatar U-16 Lolos ke Piala Asia U-17 2023.jpg

NEXTSPORT.ID – Pemuda asli Indonesia yang bernama Abdurrahman Iwan sedang menjadi sorotan setelah berhasil mengantarkan Timnas Qatar U-16 melaju ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Qatar tergabung di Grup C Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 bersama lawan-lawan berat, yakni Oman, Irak, Bahrain, dan Lebanon. Kendati begitu, mereka tampil apik.

Terhitung Qatar tidak mengalami kekalahan dalam Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 kali ini. Al Annabi meraih kemenangan tiga kali melawan Irak, Lebanon, dan Oman dan seri menghadapi Bahrain.

Hasil itu membuat Qatar finis menjadi juara grup meski bersaing di grup berat. Artinya mereka otomatis lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Ternyata di balik keberhasilan Qatar ini ada pemain asal Indonesia yang ikut andil. Adalah Abdurrahman Iwan yang ikut membela Al Annabi.

Melansir dari unggahan di akun Instagram pribadinya, Abdurrahman Iwan membagikan momen bersama Qatar saat Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

“Lolos ke babak putaran final Piala Asia U-17 2022,” tulisnya.

Sementara itu, Abdurrahman Iwan bukanlah pemain keturunan. Sebab, dia benar-benar pemain yang berasal dari Indonesia dan lahir dari pasangan WNI.

Profil Abdurrahman Iwan

Kedua orang tua Abdurrahman Iwan ialah Iwan Kuswanto dan Tarini yang berasal dari Kramatwatu, Serang, Banten. Saat ini, kedua orang tua Iwan memang tinggal di Qatar karena bekerja di salah satu perusahaan di sana.

Sejak usia muda, Iwan memang sudah memperlihatkan bakat dan minatnya di dunia sepak bola. Itulah sebabnya, dia sudah bergabung dengan akademi sepak bola milik AL Wakrah SC ketika berusia lima tahun.

Setelah itu, dia berhasil lolos seleksi Aspire Academy pada 2011.Ini adalah sekolah olahraga bergengsi dengan skala internasional milik pemerintah Qatar yang dikhususkan untuk anak-anak yang berbakat di bidangnya.

Ketika masih berusia muda, Iwan sudah beberapa kali meraih prestasi, mulai dari Top Scorer Qatar Star League Junior bersama Al Wakrah SC secara berturut-turut dalam dua musim.

Pada musim 2014/2015, Iwan sukses menyumbangkan total 42 gol, lalu pada musim berikutnya, yakni 2015/2016, dia berhasil mengumpulkan 37 gol dan 10 assist.

Tak hanya itu, bersama Aspire Academy, dia juga pernah membawa timnya dua kali meraih gelar juara berturut-turut pada pertandingan internasional Eropa.

Pada gelaran yang bertajuk International Triseries Tournament itu, pada laga pertama dan kedua Iwan sama-sama mencetak satu assist dan satu gol pada masing-masing pertandingan.

Tak hanya itu, Abdurrahman Iwan juga pernah membantu klubnya, Aspire Academy, meraih gelar runner-up pada ajang Piala Dunia antarklub dunia elite yang diikuti oleh 200 akademi elite.

Pada 11 Maret 2017, Abdurrahman Iwan juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai pemain terbaik versi La Liga Spanyol. Penghargaan ini diberikan langsung oleh mantan pemain Real Madrid, Fernando Sans Duran.

Bahkan, media ternama Spanyol, El Mundo, juga pernah mengangkat sosok Abdurrahman Iwan sebagai talenta muda berbakat yang luar biasa.

BACA JUGA:  Ganti Shin Tae-yong, PSSI Tunjuk Bima Sakti Jadi Pelatih Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close