Timnas U-17 Indonesia Dibubarkan, Bima Sakti Bakal Besut Timnas Indonesia di Asian Youth Games 2022

Timnas U-17 Indonesia Dibubarkan, Bima Sakti Bakal Besut Timnas Indonesia di Asian Youth Games 2022
Timnas U-17 Indonesia Dibubarkan, Bima Sakti Bakal Besut Timnas Indonesia di Asian Youth Games 2022

NEXTSPORT.ID – Pelatih timnas U-17 Indonesia, Bima Sakti bakal melatih timnas Indonesia di Asian Youth Games 2022 atas kegagalan mengantarkan Garuda Muda lolos Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Timnas U-17 Indonesia menderita kekalahan 1-5 dari Malaysia dalam pertandingan terakhir grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Atas hasil ini, Garuda Muda gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023.

Hal ini disebabkan anak asuh Bima Sakti hanya berada di peringkat ke-7 runner-up terbaik dari seluruh grup di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023.

Kegagalan ini mengakibatkan timnas U-17 Indonesia sudah tidak memiliki agenda apa-apa lagi di masa mendatang.

Timnas U-17 Indonesia pun secara resmi dibubarkan pasca-laga lawan Malaysia. Para pemain dikembalikan lagi ke klub. Namun demikian, tugas tidak selesai untuk Bima Sakti.

Setelah memimpin timnas U-17 Indonesia, Bima sudah dihadapkan dengan Asian Youth Games (AYG) 2022 pada Desember mendatang.

“Setelah ini ada jadwal Asian Youth Games di China,” ujar Bima Sakti kepada awak media termasuk BolaSport.com, di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10/2022).

“Sementara untuk ini kami akan kembalikan ke klub masing-masing,” ucapnya.

Perlu diketahui bila Asian Youth Games 2022 adalah edisi 2021 yang ditunda karena pandemi COVID-19. Ajang ini akan dilaksanakan di Shantou, China.

Belum dikonfirmasi kelompok timnas usia berapa yang dikirim oleh Indonesia di ajang ini. Kemungkinan besar timnas U-13 atau U-14 yang akan turun di ajang Asian Youth Games 2022.

Bima Sakti juga tidak ingin berspekulasi bila dirinya akan diminta untuk melatih timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2023.

Perlu diketahui, PSSI berencana menunjuk pelatih lain sebagai pelatih timnas U-23 Indonesia yang berlaga di SEA Games 2023 karena dalam waktu yang bersamaan Shin Tae-yong fokus memimpin timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Menurut Bima Sakti, untuk pelatih yang harus menukangi tim di SEA Games 2023 akan lebih baik pelatih yang dekat Shin Tae-yong.

Bima menilai hal ini akan memudahkan koordinasi antara tim pelatih. Apalagi pemain-pemain timnas U-23 Indonesia juga dipastikan tak akan berbeda jauh dari pemain-pemain dibawah pimpinan Shin Tae-yong.

Mantan pemain timnas Indonesia itu juga menilai bahwa saat ini banyak pelatih yang kompeten dan lebih layak menukangi timnas U-23.

“Banyak yang lebih kompeten dan siap,” ujar Bima Sakti.

“Saya serahkan kepada PSSI, tapi saya akan support.”

“Menurut saya, lebih baik pelatih lain yang bisa berkoordinasi dengan coach Shin Tae-yong,” tambahnya.

BACA JUGA:  Shin Tae-yong Rayakan Ulang Tahun ke-52, Netizen : Semoga Dapat Medali Emas Coach !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close