Jika Kalahkan Malaysia, Timnas Indonesia U-17 Akan Bantu Korea Selatan Lolos Piala Asia U-17 2023!

Jika Kalahkan Malaysia, Timnas Indonesia U-17 Akan Bantu Korea Selatan Lolos Piala Asia U-17 2023!
Jika Kalahkan Malaysia, Timnas Indonesia U-17 Akan Bantu Korea Selatan Lolos Piala Asia U-17 2023!

NEXTSPORT.ID – Jika berhasil kalahkan Timnas Malaysia U-17, makan Timnas Indonesia U-17 akan bantu Timnas Korea Selatan untuk lolos ke Piala Asia U-17 2023. Kok bisa?

Bukannya Timnas Indonesia U-17 dan Korea Selatan ada di grup yang berbeda? Inilah penjelasannya. Timnas Indonesia U-17 akan menjamu Malaysia di matchday pamungkas Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Minggu (9/10/2022) pukul 20.00 WIB.

Setelah melalui tiga pertandingan, Timnas Indonesia U-17 duduk di puncak klasemen Grup B dengan sembilan angka.

Mengekor di posisi dua ada Malaysia dengan tujuh angka. Untuk lolos ke Piala Asia U-17 2023 sebagai juara Grup B, Timnas Indonesia U-17 hanya butuh hasil imbang.

Namun, jika hasil imbang yang didapat, Malaysia diprediksi ikut lolos lewat jalur runner-up terbaik. Sekadar diketahui, selain 10 juara grup, ada enam runner-up terbaik yang diizinkan lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Lantas, bagaimana caranya menentukan enam runner-up terbaik, mengingat nantinya bakal ada 10 tim yang finis sebagai juara grup? Dalam menentukan enam runner-up terbaik, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) sudah memiliki perhitungan tersendiri.

BACA JUGA:  Aturan Diperbarui, Peluang Timnas Indonesia Masuk Piala Dunia Makin Besar!

AFC mengedepankan azas persamaan dalam pemilihan runner-up terbaik. Jika aas persamaan tidak digunakan, runner-up Grup A-D otomatis paling diuntungkan, mengingat jumlah pertandingan mereka paling banyak ketimbang runner-up di grup-grup lain.

Sekadar diketahui, kontestan Grup A-D berisikan lima tim. Sementara itu, kontestan Grup E, F, G dan I berisikan empat tim. Untuk Grup H dan J hanya berisikan tiga tim.

Karena itu, AFC mengeluarkan regulasi, yang mana untuk laga-laga Grup A-D, hasil pertemuan kontra tim peringkat empat dan lima tidak masuk hitungan.

Sementara itu untuk laga-laga Grup E-J (kecuali Grup H dan J), hasil laga kontra tim peringkat empat tidak masuk hitungan.

Melihat regulasi di atas, seluruh tim tercatat bakal melakoni jumlah pertandingan yang sama. Hal itu karena hasil kontra tim peringkat empat atau lima tidak masuk hitungan.

BACA JUGA:  Michael Owen Mendoakan Agar Timnas Indonesia Meraih Kesuksesan di Piala Dunia U-20

Karena itu, Malaysia tercatat mengoleksi empat angka (jika imbang lawan Indonesia), hasil menang lawan UEA (tim peringkat tiga Grup B) dan imbang lawan Timnas Indonesia U-17 (juara Grup B).

Namun, Malaysia diprediksi terpental dari posisi enam teratas runner-up terbaik jika kalah dari Timnas Indonesia U-17. Posisi Malaysia bisa digeser Korea Selatan! Tim asal Asia Timur ini tergabung di Grup J bersama tuan rumah Uzbekistan dan Brunei Darussalam.

Sayangyna di laga pertama, Korea Selatan kalah 2-3 dari Uzbekistan! Untuk lolos ke Piala Asia U-17 2023, Korea Selatan wajib menang supertelak atas Brunei yang berlangsung hari ini, sambil berharap tim-tim di atasnya seperti India, Thailand atau Malaysia mengalami kekalahan.

Potensi India, Thailand dan Malaysia kalah di laga pamungkas kualifikasi sangat besar, mengingat mereka bakal menghadapi tim terkuat di grup mereka masing-masing.

BACA JUGA:  Kabar Buruk, Banyak Pemain Timnas Yordania Terancam Absen karena Cedera

Thailand bersua Vietnam, Malaysia diadang Timnas Indonesia U-17 dan India ditantang Arab Saudi. Karena itu, Korea Selatan berpeluang besar lolos ke Piala Asia U-17 2023.

Syaratnya menang besar atas Brunei, sambil berharap di laga lain Malaysia, India, Thailand atau bahkan Bangladesh kalah dari rival-rival utamanya di laga terakhir yang berlangsung hari ini.

Inilah klasemen runner-up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di matchday keempat

Nama Tim, Jumlah Poin, Jumlah Pertandingan, Selisih Gol

  1. China 3 Poin (Satu pertandingan) +9
  2. Tajikistan 3 Poin (Satu pertandingan) +3
  3. India 3 Poin (satu pertandingan) +3
  4. Thailand 3 Poin (satu pertandingan) +2
  5. Malaysia 3 Poin (satu pertandingan) +1
  6. Bangladesh 3 Poin (satu pertandingan) +1
  7. Yordania 1 Poin (satu pertandingan) 0
  8. Korea Selatan 0 Poin (satu pertandingan) -1
  9. Oman 0 Poin (satu pertandingan) -1
  10. Laos 0 Poin (satu pertandingan) -3

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close