Jepang Juara Piala Asia Futsal 2022 Usai Taklukkan Iran 3-2

Jepang Juara Piala Asia Futsal 2022 Usai Taklukkan Iran 3-2
Jepang Juara Piala Asia Futsal 2022 Usai Taklukkan Iran 3-2

NEXTSPORT.ID – Timnas Futsal Jepang akhirnya menjadi juara Piala Asia Futsal 2022 setelah taklukan Iran di partai puncak.

Pertandingan babak final antara Jepang melawan Iran sendiri berlangsung di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait, pada Minggu (9/10/2022) dini hari WIB.

Timnas futsal Jepang dapat menyelesaikan pertandingan itu dengan skor 3-2 usai sempat tertinggal lebih awal pada babak pertama.

Gol-gol kemenangan timnas futsal Jepang dilesakkan oleh Kazuya Shimizu (16′), Arthur Oliveira (27′), dan Neto Antonio Hirata (40′).

Sedangkan, sepasang gol untuk Iran tercipta lewat aksi Saeid Ahmad Abbasi (15′) dan Alireza Javan Shahkhali (40′).

Dengan hasil ini, Jepang mampu menunjukkan bahwa mereka juga salah satu kekuatan yang patut diperhitungkan di futsal Asia.

Lantas, apa saja fakta menarik yang menyertai keberhasilan Timnas Futsal Jepang meraih gelar Piala Asia Futsal 2022? Berikut ulasannya!

  1. Putus Dominasi Iran

Sejak pertama kali digelar pada 1999, Piala Asia Futsal didominasi oleh Iran. Mereka total sudah mengoleksi 12 gelar juara dari 16 edisi Piala Asia Futsal.

Keberhasilan Jepang menjadi juara Piala Asia Futsal 2022 juga memutus dominasi Iran yang dalam dua edisi terakhir, 2016 dan 2018, selalu menjadi kampiun.

Meski koleksi gelar juara Jepang masih jauh dari Iran, tetapi gelar Piala Asia Futsal 2022 setidaknya membuktikan bahwa Jepang juga bisa menjadi raja di futsal Asia.

  1. Gelar Keempat Jepang

Trofi Piala Asia Futsal 2022 tercatat menjadi gelar keempat yang dimiliki oleh Jepang sepanjang sejrah turnamen ini berlangsung.

Gelar Piala Asia Futsal pertama Jepang diraih pada edisi 2006. Saat itu di final, Jepang berhasil mengalahkan tuan rumah Uzbekistan.

Jepang lalu meraih dua gelar juara beruntun pada 2012 dan 2014, lalu melengkapinya dengan edisi 2022.

  1. Kalah di Laga Perdana

Kemenangan Jepang pada final Piala Asia Futsal 2022 terbilang mengejutkan. Pasalnya, sebelum ini, Jepang memiliki riwayat penampilan yang tak cukup menjanjikan.

Di fase grup, Jepang sempat takluk 1-2 dari Arab Saudi sebelum bangkit dan menyapu bersih dua laga kontra Korea Selatan (6-0) dan Vietnam (2-0).

Selanjutnya, di perempat final, Jepang kesulitan meladeni perlawanan Indonesia. Mereka bahkan sempat tertinggal sebelum menang dramatis dengan skor 3-2.

Jepang juga cukup kesulitan di babak semifinal, mereka menang secara dramatis 2-1 setelah sempat tertinggal lebih dulu dari Uzbekistan.

BACA JUGA:  Performa Impresif Elkan Baggott Dengan Mencetak Dua Gol Membuat Pelatih GIllingham FC Puas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close