Era Shin Tae-yong Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik 23 Tingkat

Era Shin Tae-yong Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik 23 Tingkat
Era Shin Tae-yong Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik 23 Tingkat

NEXTSPORT.ID – Peringkat FIFA Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong benar-benar mengalami peningkatan pesat. Ranking Indonesia naik sampai 23 tingkat di tangan pelatih asal Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong dikontrak untuk melatih Timnas Indonesia pada Januari 2020. Dia mendapat amanah untuk membesut tiga tim berbeda, yaitu tim U-19, tim U-23, dan tim senior.

Coach Shin mendapatkan kontrak selama empat tahun sampai Desember 2023. Pemilihan Shin Tae-yong menjadi pelatih Timnas Indonesia bukanlah tanpa sebab. Pria asal Negeri Gingseng itu pernah memimpin Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

BACA JUGA:  Indonesia Batal Ikuti Piala AFF U-23 2022, Netizen Salahkan PSSI Karena Liga Berjalan di Bali, Setuju?

Namun, kiprahnya dengan Timnas Indonesia tidak berjalan mulus pada mulanya. Timnas Indonesia sama sekali tidak bertanding pada 2020 karena pandemi Covid-19.

Laga debut resmi Coach Shin bersama tim senior baru terjadi ketika Timnas Indonesia melawan Thailand di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Juni 2021 lalu.

Skuad Garuda sempat berada di posisi ke-175 pada September 2021. Namun, perlahan Coach Shin membawa Timnas Indonesia bangkit.

Ranking FIFA Timnas Indonesia mulai menanjak usai menang 2-1 dan 3-0 atas Taiwan di babak playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 Oktober 2021. Saat itu, Posisi Timnas Indonesia meningkat ke 165.

Pada Maret 2022, ranking Timnas Indonesia kembali meningkat ke posisi 159. Usai sukses melakoni Kualifikasi Piala Asia 2023, Skuad Garuda berada di posisi ke-155.

Terbaru, ranking FIFA Indonesia meningkat ke posisi 152 setelah berhasil mengalahkan Curacao di laga uji coba September lalu.

Dengan demikian, pelatih asal Korea Selatan itu sukses meningkatkan ranking Timnas Indonesia sebanyak 23 tingkat. Kini, Skuad Garuda menempati posisi ke-152 dunia.

Publik tentu berharap Shin Tae-yong mampu kembali meningkatkan posisi Timnas Indonesia menjadi lebih tinggi di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close