Kenangan Diego Maradona vs Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 1979 di Jepang

Kenangan Diego Maradona vs Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 1979 di Jepang
Kenangan Diego Maradona vs Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 1979 di Jepang

NEXTSPORT.ID – Kenangan Diego Maradona vs Timnas Indonesia U-20 1979 mungkin tak banyak tahu pecinta sepakbola.

Akan tetapi, nyatanya legenda Tim Nasional (Timnas) Argentina itu memang sempat bermain melawan pemain Indonesia.

Perlu diketahui Diego Maradona meninggal dunia pada Rabu 25 November 2020 malam WIB. Pemain bola legenda Argentina ini meninggal dunia di usia 60 tahun karena serangan jantung.

Selama karier sepakbolanya, sejumlah prestasi dibuat oleh Diego Maradona. Bukan hanya dua trofi Liga Italia bareng Napoli, keberhasilan mengantarkan Tim Nasional (Timnas) Argentina meraih juara Piala Dunia 1986 jadi yang paling berkesan.

Sementara itu, di luar keberhasilan di atas, Diego Maradona ternyata sempat berhadapan Timnas Indonesia, tepatnya di Piala Dunia U-20 1979 yang berlangsung di Jepang.

BACA JUGA:  Media Vietnam Ledek Timnas Malaysia Usai Gagal Juara King's Cup 2022

Pada ajang itu, Argentina masuk di dalam Grup B bersama Polandia, Yugoslavia, dan Indonesia.

Kenangan Diego Maradona melawan Timnas Indonesia U-20 1979 ini masih membekas, bahkan lolosnya Indonesia ke ajang dua tahunan itu terbilang unik.

Pasalnya, Indonesia mendapat kesempatan setelah keengganan negara-negara Asia Barat bermain di ajang itu.

Ketika itu, Irak, Kuwait, Bahrain, Iran, Arab Saudi dan Korea Utara (Asia Timur) menolak bermain pasalnya sponsor utama turnamen, yaitu Coca Cola, berasal dari Amerika Serikat (AS).

Perlu diketahui, negara-negara di atas memiliki hubungan yang tidak baik-baik saja dengan AS ketika itu. Sebelum dimulai, Match Commissioner alias Pengawas Pertandingan memberikan instruksi dengan meminta agar pemain Indonesia tidak mengasari Diego Maradona.

BACA JUGA:  Arkhan Kaka Ungkap Meniru Selebrasi Mirip Bambang Pamungkas Ketika Timnas Indonesia U-17 Kandaskan UEA

Hal ini tentunya membuat Indonesia harus menahan kekalahan dikarenakan Argentina bermain dengan baik dan kepiawaian Maradona

Kembali ke Maradona dan Argentina. Hasil apa yang didapat Argentina di tiga laga kontra Indonesia, Polandia dan Yugoslavia? Skuad junior Argentina menyapu bersih tiga pertandingan di fase grup dengan kemenangan.

Kenangan Diego Maradona vs Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 1979 di Jepang

Mereka berturut-turut menghancurkan Indonesia 5-0, Yugoslavia (1-0) dan Polandia (4-1). Dari total 10 gol yang dibuat Argentina di fase grup, tiga di antaranya dilesakkan Maradona.

Ia mencetak brace (dua gol) ke gawang Indonesia dan satu bola lagi dikemas tatkala Argentina menghadapi Polandia.

BACA JUGA:  Ternyata JIS Dirancang Konsultan Yang Merancang Stadion Tottenham Hotspur & Stadion Piala Dunia Qatar 2022

Keberhasilan di atas membuat Argentina lolos ke perempatfinal dengan status juara grup. Di babak delapan besar, La Albiceleste –julukan Argentina– menghadapi Aljazair dan mereka pun menang 5-0! Maradona saat itu membuka keran gol Argentina pada menit 25.

Selain itu,kenangan Diego Maradona vs Timnas Indonesia U-20 1979 juga menunjukkan Maradona keluar sebagai pemain terbaik turnamen dengan dianugerahi trofi Golden Ball.

Setelah Piala Dunia U-20 1979, nama Maradona semakin dikenal luas, hingga akhirnya menjajal kompetisi Eropa dengan berseragam Barcelona.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close