3 Faktor Timnas Indonesia U-16 Akan Menang Mudah atas Guam di Ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

3 Faktor Timnas Indonesia U-16 Akan Menang Mudah atas Guam di Ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023
3 Faktor Timnas Indonesia U-16 Akan Menang Mudah atas Guam di Ajang Kualifikasi Piala Asia U-17 2023

NEXTSPORT.ID – Sejumlah faktor Timnas Indonesia U-16 bisa dengan mudah kalahkan Guam di pertandingan perdana penyisihan Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023. Tim besutan Bima Sakti memiliki peluang untuk meraih kemenangan.

Laga timnas Inonesia U-16 menghadapi Guam berlangsung pada hari Senin (2/10/2022) di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Jawa Barat.

Timnas Indonesia U-16 masuk ke dalam Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Bukan hanya Guam lawan lainnya Malaysia, Palestina dan Uni Emirat Arab.

Tim besutan Bima Sakti telah menuju ke Bogor pada hari Selasa (27/9/2022) usai pemusatan latihan di Yogyakarta mulai 5 September lalu.

Dari sejumlah 36 pemain yang dibawa, total 32 di antara terpilih untuk masuk ke skuat timnas Indonesia u-17 yang bertandingan di ajang ini.

Sementara itu, keyakinan tinggi kemenangan atas Guam tak lepas dari 3 alasan pendukung yang dimiliki tim besutan Bima Sakti.

Lalu apa saja alasan itu? inilah 3 alasan faktor timnas Indonesia U-17 bisa mengalahkan Guam dipertandingan pertama babak fase grup.

  1. Persiapan Matang

Pemain Garuda Muda melakukan selebrasi usai menghadapiTimnas Filipina U-16 2-0 ketika pertandingan AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Minggu (31/7/2022).

Pemusatan latihan (TC) timnas Indonesia U-17 digelar selama kurang lebih 19 hari, dimulai sejak awal September 2022.

Nyaris satu bulan pemusatan latihan, hal ini mengakibatkan sang kapten tim, Iqbal Gwijangge merasa persiapan matang akan mengantarkan kemenangan.

“Persiapan kami agak lebih lama dibandingkan Piala AFF. Meski begitu, kami mesti mematangkan permainan kami, termasuk ‘set piece’, supaya lebih lama daripada sebelumnya.” ucap Iqbal.

  1. Skuad Tim Terbaik

Walaupun ada pencoretan pemain, Bima Sakti mengaku susuan pemain yang dimilikinya sekarang adalah skuad tim terbaik miliknya.

Bima Sakti mengatakan pencoretan itu menjadi tahap untuk memperbaiki kebutuhan tim buah dari hasil seleksi dan pemusatan latihan.

“Alhamdulillah kami bersyukur dan berterimakasih kepada Ketua Umum PSSI (Mochamad Iriawan) karena kami telah difasilitasi lapangan latihan,” ucap Bima Sakti.

“Dan bisa melaksanakan pemusatan latihan sebagai persiapan untuk turnamen terdekat, yaitu kualifikasi Piala AFC U-17.

“Ada pun pengurangan pemain dari hasil seleksi dan pemusatan latihan di Yogyakarta itu tentu karena ada promosi dan degradasi.

“Jadi kami bisa mendapatkan kerangka tim terbaik, sesuai dengan kebutuhan tim.” imbuhnya.

  1. Prestasi minim Guam

Guam sebetulnya telah ikut di Piala Asia U-17 sejak 1994, walau begitu belum pernah lolos ke putaran final dan hanya di babak kualifikasi.

Hanya sedikit prestasi yang diperoleh Guam, baik di tingkat regional atau Asia Timur, ataupun di tingkat internasional.

Walaupun akhir-akhir ini mengikuti turnamen 2022 Surf Cup yang digelar di San Diego, California, Amerika Serikat, walau berakhir tragis.

Hanya bisa mencetak 4 gol dan keboboan 10 gol, ketika itu Guam dibesut Samuel San Gill sebagai pelatih kepala.

BACA JUGA:  Bagus Kahfi Tolak Naturalisasi, Exco PSSI: STY Incar Pemain Keturunan yang Levelnya Diatas Pemain Lokal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close