Curacao Luas Negaranya Cuma Seluas Palembang, Namun Ranking FIFA-nya 84

Curacao Luas Negaranya Cuma Seluas Palembang, Namun Ranking FIFA-nya 84
Curacao Luas Negaranya Cuma Seluas Palembang, Namun Ranking FIFA-nya 84

NEXTSPORT.ID – Negara Curacao, lawan Timnas Indonesia pada pertandingan FIFA Matchday pada hari Sabtu (24/9/2022) dan Selasa (27/9/2022). Luas Wilayahnya cuma seluas Pelembang, namun di ranking FIFA-nya cukup tinggi.

Laga antara Timnas Indonesia melawan Curacao itu masing-masing bakal berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung dan Stadion Pakansari di Kabupaten Bogor.

Pada hari Jumat (23/9/2022), sejumlah suporter Indonesia mungkin belum mengetahui apa dan di mana itu Curacao, dan mengapa Indonesia memilih bertarung melawan mereka.

BACA JUGA:  Dikasih Fasilitas Gratisan, PSSI Ngaku Senang dan Mau Buat Agenda Lagi di Surabaya

Curacao berada di Karibia, yakni 60 km samping utara Venezuela dan juga daratan benua Amerika. Bersama Aruba dan Bonaier, dahulunya negara ini masuk di dalam wilayah seberang lautan Kerajaan Belanda.

Pernah menjadi jajahan Belanda hingga 1954 dan selanjutnya usai itu hingga 2010 menjadi Antila Belanda, negara pulau ini selanjutnya dijuluki Country of Curacao atau Negara Curacao.

Terdiri dari Pulau Curacao dan pulau kecil Klein Curacao yang tak berpenghuni, negara yang beribu kota di Willemstad ini cuma sebesar 444 km persegi atau sebesar Kota Palembang di Sumatera Selatan.

BACA JUGA:  Bertemu Ketum PSSI, Ramai Rumakiek Tetap Dibawa ke Sea Games 2021 ?

Dan memiliki penduduk sejumlah 158.665 jiwa atau sama dengan sejumlah penduduk Kota Baubau di Sulawesi Tenggara.

Pertanyaannya, kenapa Indonesia melakukan pertandingan uji coba dengan negara kecil ini?

Bukan karena masuk kalender FIFA, akan tetapi meski seperti noktah kecil dibandingkan dengan Indonesia yang besar, Curacao mempunyai peringkat FIFA yang sangat jauh lebih tinggi daripada Indonesia dan semua negara Asia Tenggara.

BACA JUGA:  3 Pemain Liga 1 Tawarkan Diri untuk Naturalisasi, Apakah Shin Tae-Yong Butuh?

Berdasarkan rangking FIFA terakhir, negara ini mempunyai rangking 84, sementara Indonesia ada di peringkat 155.

Memang sungguh terlalu seandainya melihat rangking mereka, namun kalau melihat susunan pemain timnas mereka, Anda bisa saja mengerti kenapa negara sekecil itu dapat lebih kuat sepak bolanya daripada Indonesia yang berluas 1,9 juta km dan berpenduduk 270 juta jiwa itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close