Pakar Sepak Bola ASEAN Sarankan Vietnam Belajar dari Indonesia soal Manajemen Pelatih

Pakar Sepak Bola ASEAN Sarankan Vietnam Belajar dari Indonesia soal Manajemen Pelatih
Pakar Sepak Bola ASEAN Sarankan Vietnam Belajar dari Indonesia soal Manajemen Pelatih

NEXTSPORT.ID – Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mendapatkan kritikan keras oleh salah satu pakar sepak bola ASEAN setelah permainan buruk tim kelompok umurnya.

VFF disuruh untuk belajar banyak dari PSSI agar membenahi manajemen pelatih timnas dari level senior sampai kelompok umur.

PSSI sebagai induk sepak bola Indonesia mempercayakan tim pelatih mulai timnas U-20, timnas U-23, dan timnas Indonesia senior kepada satu pelatih yaitu Shin Tae-yong.

Sekarang, tugas yang diberikan oleh PSSI untuk Shin Tae-yong mampu dilaksanakan dengan baik. Shin Tae-yong berhasil mengantarkan timnas Indonesia U-20 lolos putaran final Piala Asia U-20 2023.

Garuda Muda melenggang ke putaran final Piala Asia U-20 setelah menjadi juara Grup F dalam penyisihan grup.

Kemudian, Garuda Muda besutan Shin Tae-yong bakal bertarung di putaran final Piala Asia U-20 2023 yang direncanakan bakal berlangsung di Uzbekistan pada tanggal 1-18 Maret 2023.

BACA JUGA:  Toko Merchandise Resmi Klub Persebaya Surabaya Dijarah Oknum Tidak Bertanggung Jawab

Putaran final Piala Asia U-20 2023 akan menjadi ujian serta peluang bagi Shin Tae-yong untuk dapat mengantarkan Indonesia mendapatkan prestasi lebih tinggi.

Shin Tae-yong tak bisa terus-terusan larut dalam euforia Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Karena, Shin Tae-yong harus juga menangani timnas U-23 dan timnas Indonesia senior.

Jadwal Terdekat, Shin Tae-yong akan melatih timnas Indonesia senior melawan timnas Curacao di FIFA Match Day pada 24 dan 27 September 2022.

BACA JUGA:  Asnawi Mangkualam Tak Main, Ansan Greeners Gagal Raih Poin Penuh di K League 2

Kesibukan Shin Tae-yong menjadi juru taktik timnas Indonesia di tingkat senior sampai kelompok umur pernah membuat suatu polemik.

Karena, kesibukan Shin Tae-yong dapat mengakibatkan prestasi timnas Indonesia kurang maksimal. Namun, ada sejumlah pihak yang menilai tugas Shin Tae-yong di tiga kelompok usia timnas dapat membuat kekompakan pemain dari satu tingkat ke tingkat lainnya.

Namun, sejumlah pihak luar menilai tugas Shin Tae-yong di timnas U-20, U-23, dan senior merupakan hal yang positif.

Salah seorang pihak luar yang menilai manajemen kepelatihan di Indonesia merupakan hal yang bagus yaitu ex pemain sepak bola Vietnam, Nguyen Manh Dung.

Nguyen Manh Dung justru berharap federasi sepak bola Vietnam (VFF) dapat belajar dari Indonesia untuk masalah manajemen kepelatihan itu.

BACA JUGA:  Shin Tae-yong Akui Timnas Indonesia U-23 Menang Beruntung Atas Malaysia U-23

Nguyen Manh Dung menilai, ini tentang langkah memaksimalkan potensi pelatih.

“Itu cara kerjanya. Gunakan uang dan ambil manfaat dari orang (pelatih). VFF juga harus belajar dari mereka (Indonesia),” kata Nguyen Manh Dung, dikutip dari The Thao 247.

Nguyen Manh Dung menjelaskan bahwa hal itu di tengah informasi pergantian pelatih yang dapat terjadi di tim U-20 Vietnam.

Juru taktik timnas U-20 Vietnam, Dinh The Nam, diprediksi akan diganti usai skuadnya kalah dari Indonesia pada pertandingan terakhir di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close