Miris PSSI Menilai JIS Tidak Layak Untuk Pertandingan Sekelas Timnas Indonesia

PSSI Menilai JIS Tidak Layak Untuk Pertandingan Timnas Indonesia
PSSI Menilai JIS Tidak Layak Untuk Pertandingan Timnas Indonesia

NEXTSPORT.ID – PSSI sudah usai gelar uji kelayakan Jakarta International Stadium (JIS) menjelang pertandingan antara timnas Indonesia melawan Curacao pada FIFA match day. JIS dinilai tidak layak untuk ajang FIFA matchday.

Pertandingan pertama pada 24 September 2022 akan digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Padahal beberapa waktu lalu, JIS dikabarkan bakal jadi tempat pertandingan kedua Timnas Indonesia melawan Curacao pada tanggal 27 September 2022.

Setelah melakukan inspeksi oleh tim Infrastructure Safety and Security PSSI, Stadion JIS dinilai belum penuhi kelayakan 100 persen infrastrukturnya, yaitu di area drop off tim fan sirkulasi aktivitas terkait laga di outer perimeter menumpuk di barat utara.

BACA JUGA:  Jadwal Hari Ini : Semifinal AFC Cup PSM Makassar VS Kedah Darul Aman

Apalagi concourse timur, disebut belum bisa dipakai. PSSI menganggap, perimeter tribun perlu diatur ulang. Bukan hanya itu, pagar perimeter di bawah concourse barat juga disebut belum kuat, dan fasilitas pendukung seperti kantung parkir, transportasi umum, dan jalan akses menuju stadion juga dinilai tidak sesuai standar.

“Sehingga untuk menggelar sebuah pertandingan FIFA Match Day yang mengundang animo penonton sangat banyak, maka perlu dilakukan simulasi terkait jumlah penonton mulai dari 25-50 persen sampai 75-100 persen dari perhitungan maximum safety capacity,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi dikutip Liputan6.com dari website resmi PSSI, Jumat (9/9/2022).

BACA JUGA:  Shin Tae-yong Optimis Timnas Indonesia U-19 Kalahkan Vietnam Demi Lolos Ke Putaran Final Piala Asia U-20 2023

Parkir
Yunus mengatakan bahwa untuk ukuran JIS yang bertaraf internasional dengan memiliki kapasitas 80 ribu orang, hanya bisa memuat parkir sekitar 800 unit kendaraan roda empat.

Yunus menilai, hal itu sangat riskan melihatkalau timnas bertanding, antusias masyarakat untuk datang ke stadion sangat besar.

Bukan hanya itu, PSSI menyebutkan satu pintu untuk masuk JIS juga dikatakan mengkhawatirkan kalau jika berbarengan keluar dan bakal menyita waktu yang sangat lama. Bukan hanya itu saja, plafon yang terlalu rendah pun dinilai membuat bus kesulitan untuk masuk.

BACA JUGA:  Surat Pindah Negara Jadi Masalah, Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama Molor Gabung Timnas Indonesia

Sewa Tinggi
“Di samping itu terkait dengan plafon yang rendah karena bus tidak bisa masuk, bisa jadi bus tim tamu dan tim tuan rumah berhentinya di area umum, tidak di area sebagaimana mestinya yang sudah diatur. Nah kalau kita paksakan pasti akan menjadi catatan FIFA,” jelas Yunus.

Yunus mengatakan masalah lain yakni biaya sewa JIS yang sangat tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close