Liga 1  

3 Wasit Diberi Hukuman PSSI Buntut Kemenangan Persib Bandung atas RANS Nusantara

3 Wasit Diberi Hukuman PSSI Buntut Kemenangan Persib Bandung atas RANS Nusantara
3 Wasit Diberi Hukuman PSSI Buntut Kemenangan Persib Bandung atas RANS Nusantara

NEXTSPORT.ID – Dibalik Kemenangan Persib Bandung atas RANS Nusantara FC di pekan ke-8 Liga 2022/23 minggu lalu ternyata ada sejumlah kejanggalan.

Pada laga itu Persib berhasil menang 2-1, di mana salah satu gol tercipta berawal dari tendangan penalti Ciro Alves yang diberikan wasit di menit ke-45. Tendangan penalti itu bermula dari akselerasi Rachmat Irianto yang dinilai melanggar lawan.

Dari penilain yang dilaksanakan Komite Wasit PSSI, wasit tengah, hakim garis, dan wasit di belakang gawang (AAR) dinyatakan salah dalam penerapan laws of the game (LOTG).

Penilaian wasit untuk menyatakan hukuman penalti kepada RANS disebut tidaklah tepat. Akibatnya, tiga wasit yang memimpin jalannya pertandingan itu mendapatkan sanksi dari Komite Wasit PSSI.

BACA JUGA:  Polri Resmi Keluarkan Ijin Liga 1 2021/22, Mulai 27 Agustus

Ketiga wasit itu antara lain David Son Sansube (wasit tengah), Ruslan Waly (hakim garis), dan Arif Nur Wahyudi (AAR).

Akan tetapi, hukuman yang dijatuhkan kepada tiga wasit ini tidaklah sama satu dengan lainnya. David dan Ruslan mendapatkan sanksi dalam kurun waktu delapan pekan atau baru bisa memimpin lagi laga di Liga 1 2022/23 di pekan ke-17.

Sedangkan Arif yang mendapat tugas wasit d belakang gawang, mendapat hukuman selama empat atau sampai pekan ke-12. Saat diisanksi, Arif dan Ruslan akan mendapatkan pembinaan.

BACA JUGA:  PSSI Beri Hukuman Enam Wasit Kontroversial Liga 1 2022-2023

Bukan hanya ketiga wasit itu saja, PSSI telah mengumumkan sejumlah nama-nama lainnya yang bakal disanksi. Salah satu kandidat itu adalah Faulur Rosy yang memimpin jalannya pertadingan RANS Nusantara FC melawan Persija Jakarta, 20 Agustus lalu.

Pada keterangan di website resmi PSSI, Faulur Rosy diberhentikan sementara dalam kurun waktu delapan pekan. Hal ini disebabkan dia salah membuat keputusan pada laga itu.

Bukan hanya Faulur Rosy, PSSI juga memberhentikan sementara asisten wasit tambahan 1 (AAR 1), Nendi Roehandi di pertandingan tersebut. Nendi dinyatakan teledor dalam penerapan Law of the Games (LOTG)

BACA JUGA:  Halim Pemuda Banjarmasin, Bermain Di Liga Brazil

“Semestinya pemain RANS dilanggar penjaga gawang Persija pada posisi di daerah AAR 1, tapi menurut pandangan AAR 1 bukan suatu pelanggaran. Sesuai LOTG seharusnya sudah masuk kategori kecurangan penalti. Kartu Merah harusnya diberikan ke penjaga gawang Persija dan penalti diberikan untuk RANS.”

Situasi ini menaikan jumlah daftar wasit yang memperoleh hukuman dari PSSI atau diberhentikan sementara, sebenarnya Liga 1 2022/23 sendiri baru berlangsung selama 8 pekan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

close