Sekjen PSSI-nya Belanda Sebut Indonesia Jangan Banyak-banyak Naturalisasi Pemain Belanda

Sekjen PSSI-nya Belanda Sebut Indonesia Jangan Banyak-banyak Naturalisasi Pemain Belanda
Sekjen PSSI-nya Belanda Sebut Indonesia Jangan Banyak-banyak Naturalisasi Pemain Belanda

NEXTSPORT.ID – Sekjen Federasi Sepak Bola Belanda yakni KNVB memberi tanggapan terkait banyaknya pemain Belanda yang di naturalisasi Indonesia.

Gijs de Jong menjelaskan pada saat konferensi pers Festival Oranje Indonesia. Acara itu diselenggarakan untuk ikut mensukseskan Piala Dunia 2022 dan juga menjaga tali persaudaraan KNVB dengan para pendukung Timnas Belanda di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, KNVB akan membawa pengalaman Oranje ke Indonesia dengan menyelenggarakan ‘Festival Oranje Indonesia’ resmi pertama untuk para penggemar mereka di Jakarta.

Nantinya, mereka akan menggelar acara nonton bareng Belanda vs Ekuador pada 25 November 2022 di area Stadion Utama Gelora Bung Karno.

BACA JUGA:  Bangga! Perlakuan Istimewa Didapatkan Pratama Arhan dari Liga Jepang Usai Direkrut Tokyo Verdy

Setelah selesai konferensi pers, Gijs de Jong mengatakan tentang pemain naturalisasi di tubuh Timnas Indonesia yang dari Belanda.

Pemain yang telah dinaturalisasi dari Belanda antara lain, yakni Stefano Lilipaly, Marc Klok, Ezra Walian, Raphael Maitimo, Sergio van Dijk, Tonnie Cusell, Diego Michiels, Ruben Wuarbanaran dan sebagainya.

Sekjen KNVB mengatakan kalau Marc Klok merupakan salah satu contoh pemain naturalisasi dari Belanda yang sukses di Timnas Indonesia. Karena, pemain Maung Bandung itu memiliki peran cukupvital untuk Timnas Indonesia.

BACA JUGA:  Indonesia Kuasai Puncak Klasemen Grup A Piala AFF Wanita U-18 2022

Disamping itu, Gijs de Jong mengatakan supaya Indonesia jangan banyak-banyak untuk mengambil pemain naturalisasi dari Belanda. Walaupun, hal tersebut sangat memberikan dampak yang positif di skuad Timnas Indonesia.

“Marc Klok salah satu contohnya. Dia tadinya pemain asal Belanda, sekarang memperkuat Timnas Indonesia. Tentu bagus, tapi jangan banyak-banyak,” ujar Gijs de Jong, kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia sembari tertawa di Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Perlu diingat kembali bahwa, PSSI saat ini tengah menaturalisasi tiga nama pemain berdarah Indonesia, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama.

BACA JUGA:  Shin Tae-Yong Akan Hadir di Podcast Close The Door, Akan Mengungkap Apa?

Walau demikian, baru Jordi dan Sandy saja yang sampai sekarang ini sudah disetujui oleh Komisi X DPR RI untuk mendapatkan status warga Indonesia.

Akan tetapi, PSSI memiliki rencana yakni tahun depan tidak akan melakukan proses naturalisasi lainnya. Karena, proses naturalisasi yang sekarang ini adalah request dari pelatih Garuda Nusantara.

Shin Tae-yong sedang butuh pemain berposisi sebagai bek yang mempunyai pengalaman dalam waktu cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close