Piala AFF 2022 Bukan Kompetisi FIFA, PSSI Siap Upayakan Agar Pemain di Luar Negeri Dapat Bela Timnas Indonesia

Piala AFF 2022 Bukan Kompetisi FIFA, PSSI Siap Upayakan Agar Pemain di Luar Negeri Dapat Bela Timnas Indonesia
Piala AFF 2022 Bukan Kompetisi FIFA, PSSI Siap Upayakan Agar Pemain di Luar Negeri Dapat Bela Timnas Indonesia

NEXTSPORT.ID – Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, berharap agar pemain timnas Indonesia yang bermain di luar negeri dapat tampil di Piala AFF 2020 walaupun kompetisi itu tidak termasuk draft FIFA.

Perlu diketahui, Piala AFF tidak masuk dalam kompetisi FIFA alhasil menyulitkan bagi punggawa timnas Indonesia yang merumput di luar negeri untuk bergabung.

Masalah ini akhirnya sebabkan masing-masing tim tak ingin melepas pemain tersebut ke Timnas Indonesia. Dan jika, seandainya tim itu masih terdapat jadwal pertandingan.

Pasti tim masih benar-benar memerlukan tenaga pemain yang dikontraknya itu. Kondisi tersebut jelas tidak hanya diderita oleh tim melainkan juga timnas Indonesia jugatentunya memerlukan pemain-pemain terbaiknya.

BACA JUGA:  Proses Naturalisasi Akan Rampung, Sandy Walsh dan Jordi Amat Diharapkan Bisa Menambah Kekuatan Timnas Indonesia

Perlu diingat, pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan Shin Tae-yong, lebih cenderung andalkan pemain yang merumput di luar negeri ketika bertanding pada suatu turnamen.

Pemain-pemain yang saat ini menjadi tulang punggung yakni Witan Sulaeman (AS Trencin), Egy Maulana Vikri (FC ViOn Zlate Moravce), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), Elkan Baggott (Gillingham FC), Saddil Ramdani (Sabah FC), dan Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners).

Akan tetapi, karena Piala AFF 2022 tidak masuk dari kompetisi resmi FIFA, bakal sangat sulit untuk membuat mereka memperkuat timnas Indonesia.

Kondisi ini tentu saja menyebabkan kerugian untuk timnas Indonesia sebab mereka memiliki target juara pada tahun ini.

BACA JUGA:  Malaysia Gagal Lolos Ke Piala Asia U-20 2023, Sang Pelatih Bermimpi Timnya Akan Jadi Raja Asia

Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, menyebutkan pihaknya berharao Timnas Indonesia mendapatkan trofi juara di Piala AFF 2022.

Oleh sebab itu, agar Timnas Indonesia raih kemenangan, Iwan Bule pun siap ambil langkah.

Iriawan menyebutkan pihaknya bakal segera menjalin komunikasi dengan masing-masing tim yang dibela punggawa timnas Indonesia.

Dia ingin pemain-pemain inti Tim Merah Putih itu dapat memperkuat timnas.

Walau keinginan itu tak bakal mudah sebab Piala AFF tidak kompetisi FIFA, PSSI tetap bakal upayakan yang terbaik. Coach Shin Tae-yong pun ingin pemain andalannya dapat bergabung demi mendapatkan trofi gelar juara.

“Saya akan jajaki jauh-jauh hari ke pemain. Apabila ada agenda timnas, mereka diharapkan bisa ikut,” ujar Mochamad Iriawan kepada awak media.

BACA JUGA:  Media Vietnam Bikin Gaduh, Bilang Timnas Indonesia U-19 Kalah 1-2 dari Timnas Malaysia U-18!

“Kita memang mengalami kesulitan di sana. Piala AFF bukan agenda FIFA. Tetapi, kita harus berkomunikasi. Buktinya dulu Saddil Ramdani bisa,” ucapnya.

Ketika itu, Saddil memang dapat bergabung dengan timnas Indonesia SEA Games 2021 yang digelar awal tahun ini meski kejuaraan itu bukan kompetisi FIFA.

Pria yang biasa dipanggil Iwan Bule itu pun ingin kejadian Saddil dapat berlaku juga pada kompetisi Piala AFF 2022.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

close